Rabu, 25 November 2015

Inilah Perangko dan Benda Filateli Terbitan Tahun 2015 Yang Dijual di Kantor Pos

Perangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 2015
Fungsi utama Perangko adalah sebagai alat dan bukti pelunasan layanan kiriman Pos. Jaman dulu sebelum ada perangko, bea kiriman Pos dilunasi oleh penerima pada saat dia menerima kiriman. Ternyata cara ini menimbulkan kesulitan khususnya bagi Dinas Pos. Pada tahun 1806 Sir Rowland Hill menemukan cara pelunasan kiriman Pos yang sekarang disebut Perangko. Karena jasanya tersebut Sir Rowland Hill dinobatkan sebagai Bapak Perangko Sedunia.

Bentuk perangko yang indah, artistik, mungil dan penuh dengan nilai seni ini membuat sebagian masyarakat mengumpulkannya untuk bahan koleksi. Pada perkembangannya perangko dicetak dalam berbagai bentuk dan turunan. Produk-produk turunan dari perangko ini dinamakan  Benda Filateli. Orang yang hobi mengumpulkan perangko dan benda filateli  disebut Filatelis.
Pada era keemasan filatelis, mengumpulkan perangko dan benda filateli bukan sekedar hobi namun bisa menjadi ajang bisnis. Pada masa itu, nilai perangko dan benda filateli akan terus mengalami kenaikan. Sehingga menyimpannya sama saja dengan investasi. Namun sayang pada saat ini jaman keemasan itu sudah berlalu karena banyak kondisi dan alasan.
Dalam hal ini, masyarakat tidak banyak yang mengetahui bahwa perangko mempunyai nilai strategis bagi sebuah negara. Berdasarkan ketentuan Internasional, hanya negara yang merdeka dan berdaulat saja yang berhak menerbitkan perangko. Karena perangko berlaku secara universal.
Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaran Pos dan Informatika yang mempunyai hak menerbitkan perangko Republik Indonesia menugaskan kepada PT Pos Indonesia selaku Penyelenggara Pos Milik Negara untuk menerbitkan Perangko. Dalam melaksanakan penugasan tersebut PT Pos Indonesia membuat program penerbitan prangko setiap tahunnya.

Program Penerbitan Prangko tahun 2015.

No
Tanggal Terbit
Seri
Keterangan

I
DEFINITIF

1
26 Agustus Layanan Pos/Postal Service
II
NON DEFINITIF

1
4 Februari Tahun Kambing Istimewa
2
9 Maret Alat Musik Tradisional Indonesia #3 Istimewa
3
14 Maret Penanggulangan Bencana Istimewa
4
22 April Identitas propinsi Kalimantan Utara Istimewa
5
5 Juni Peduli Lingkungan Istimewa
6
28 Juli Jambore Sedunia di Jepang Istimewa
7
8 Agustus Penerbitan Bersama Asean Istimewa
8
17 Agustus Presiden dan Wakil Presiden Istimewa
9
1 Oktober 50 Tahun Hari Kesaktian Pancasila Peringatan
10
5 Oktober Kebangkitan Industri Pertahanan Istimewa
11
5 Nopember Flora dan Fauna Istimewa
III
Souvenir Sheet

1
14 Agustus Pameran Filateli Singapore 2015 SS Pameran
2
7 Oktober Pameran Filateli Nasional 2015 SS Pameran
IV
PRISMA

1
14 Februari Bingkai #2/Frame #2


Perangko Fullsheet seri Tahun Kambing 2015











Produk perangko dan benda filateli di atas dapat dibeli di seluruh Kantor Pos atau penjualan online di Galeripos.

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Saya ingin membantu anak saya yang mulai tertarik untuk dunia filateli, bagaimana caranya mendapatkan koelksi perangko perangko yang sudah pernah terbit di indonesis, atau sisa perangko yang masih belum terjual, sehingga dapat membelinya, trimaksih. Alip 0811329697

    BalasHapus

Kenapa Pos Indonesia Punya Banyak Channel YouTube? Inilah jawabannya...

Sekarang mari kita bahas tiga channel Youtube milik Pos Indonesia yaitu channel Pos Indonesia, Pos Indonesia The Story dan Pos Aja Official....

POPULER